Pages

Thursday, March 24, 2011

Basic Using Scite for editing source code and running program

Sebelum bermain-main(atau serius) dalam menggunakan python sebagai scientific/engineering programming
Sebaiknya kuasai dulu tools-nya, belajar scite(sebagai code editor) dulu aja ah.

## Scite ##
Astaga besar sekali font pada editornya saat ane mo coba nulis source code,
cara ganti->  Options > Open Global Options File
lalu edit bagian pada line 328, ubah size menjadi 10(atw bisa disesuaikan dengan mata masing2) seperti berikut
    font.monospace=font:Lucida Console,size:10

Oke mata udah nyaman saatny coding...
PENTING sebelum menulis kode, simpan file dulu dalam ekstensi .py misal kode gue ksh nama foo.py (Halah belom nulis dah ngesave dulu LOL). Tujuannya agar fitur indentasi dan syntax coloring(kodenya warna-warni oiy).

Selanjutnya silahkan coba kode berikut ditulis.
# ditulis setelah symbol '#' adalah comment, tdk di eksekusi oleh python
# classic test is print hello world in terminal/command prompt
print('Hello Python')

# membuat fungsi f(x) = x^2 + 4x + 2
def f(x):
    return (x**2 + 4*x + 2)
'''
identasi sangat penting di python
def f(x):
return (x**2 + 4*x + 2)
SALAH
'''
# memberikan nilai untuk y = f(x) dengan x = 9
x = 9
# cek nilai x
print('Nilai x ='), (x)

# hitung f(x) dgn x = 9, dan berikan hasilnya ke y
y = f(x)

# print hasil
print("Nilai y ="), (y)

# nilai x dari 0 - 10  
# walau sblmny sdh diberikan x = 9, maka x akan diganti dgn isi yg baru
x = range(11) # dapat jg dituliskan seperti -> x = [0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10]

# hitung y dengan cara
y = [ f(i) for i in x]

# cek hasil x dan y yg baru
print('x yg baru'), (x)
print('y yg baru'), (y)

# plot hasil nya
# pertama import module pyplot dari matplotlib
from matplotlib import pyplot as plt 
# meng-import pyplot sekaligus mempersingkat nama module nya menjadi plt

# plot nilai y terhadap x, dan memberikan label utk legenda
plt.plot(x, y, label='x^2 + 4x + 2')

# meng-set label x
plt.xlabel('x')
# meng-set label y
plt.ylabel('f(x)')

# show label legend utk line y thd x
plt.legend()

# terakhir menampilkan
plt.show() # yeah show your plot babe!!

Untuk langsung nge-save  n me-running program, tekan F5...
It will be look like...